Evaluasi Pendidikan
Evaluasi adalah proses yang menentukan kondisi dimana suatu tujuan telah dicapai.Definisi ini menerangkan secara langsung hubungan evaluasi dengan tujuan suatu kegiatan yang mengukur derajat,dimana suatu tujuan telah dicapai.Sebenarnya evaluasi juga merupakan proses memahami,memberi arti,mendapatkan,dan mengomunikasikan suatu informasi bagi keperluan pengambilan keputusan.
Dalam evaluasi selalu mengandung proses.Proses evaluasi harus tepat terhadap tipe tujuan yang biasanya dinyatakan dalam bahasa perilaku.Dikarenakakn tidak semua perilaku dinyatakan dengan evaluasi yang sama,maka evaluasi menjadi salah satu hal yang sulit dan menantang yang harus disadari para guru.
Fungsi evaluasi dalam belajar mengajar adalah sebagai alat untuk mengetahui perkembangan belajar siswa,sebagai materi laporan hasil belajar kepada orangtua siswa,mengetahui tingkat ketercapaian siswa dalam kegiatan belajar.
Suatu evaluasi perlu memenuhi syarat sebelum diterapkan kepada siswa yang kemudian di refleksikan dalam bentuk tingkah laku.Evaluasi yang baik harus mempunyai sifat syarat sebagai berikut
1.Valid
2.Andal
3.Objektif
4.Seimbang
5.Membedakan
6.Norma
7.Fair
8.Praktis
Disamping kedelapan persyaratan yangbperlu dalam kegiatan evaluasi,ada beberapa tujuan mengapa evaluasi dilakukan oleh setiap guru.Selain untuk melengkapi penilaian,secara luasevaluasi dibatasi sebagai alat penialian terhadap faktor faktor penting termasuk situasi,kemampuan,pengetahuan,dan perkembangan tujuan.Berikut ini adalah 6 tujuan evaluasi
1. Meniali ketercapaian tujuan
2.Mengukur macam macam apek belajar yang bervariasi
3.Sebagai sarana untuk mengetahui apa yang telah siswa ketahui.
4.Memotivasi belajar siswa
5.Menyediakan informasi untuk tujuan bimbingan dan konseling
6.Menjadikan hasil evaluasi sebagai dasar perubahan kurikulum
Sumber : Buku perpustakaan FBS
Evaluasi Pendidikan
Sumber : Buku perpustakaan FBS
Evaluasi Pendidikan
Comments
Post a Comment